Senin, 13 Juli 2009

Seks Bebas Merasuki Anak Jalanan di Bandung


Bandung, Sinar Harapan


Perilaku seks bebas telah terjadi di lingkungan anak jalanan kota Bandung. Perilaku seperti ini dilakukan oleh anak jalanan yang berumur 18 tahun ke bawah, karena karena faktor lingkungan yaitu hidup bebas. Selain itu, sebagian dari mereka adalah korban sodomi oleh orang dewasa. Namun tidak jarang pula ada anak di bawah umur yang telah ketagihan berkencan dengan Penjaja Seks Komersial (PSK).Demikian penjelasan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Saudara Sejiwa, Agus Noor Alamsyah, yang juga pemilik Yayasan Saudara Sejiwa yang bergerak dalam bidang pengadaan rumah singgah bagi anak jalanan di Jl. Neglasari II, Bandung, kepada SH, Senin (12/1) malam.Diakuinya, hingga saat ini ada 50 anak jalanan yang tinggal di rumah singgahnya. Sebagian di antara mereka mengaku pernah menjadi korban sodomi dan pelecehan seksual.”Di sini, kami lakukan pembinaan akhlak, pendidikan formal, dan pendekatan dengan kasih sayang karena mereka kebanyakan tidak pernah mendapatkan kasih sayang orang tuanya. Untuk mencari kasih sayang tersebut mereka lari atau berkumpul di luar rumah hingga terdampar di pinggir jalan,” paparnya.Pembinaan yang dilakukan oleh pemerintah tidak akan maksimal. Alangkah baiknya, masyarakat peduli terhadap keberadaan mereka. Dari data yang didapat dari Dinas Sosial Kota Bandung, kata Agus, terdapat 6 ribu anak jalanan.Mereka selain menjadi pengemis, ada juga yang menjadi pedagang asongan dan pengamen. Rata-rata mereka mengenyam pendidikan sangat rendah dan telah menggenal seks bebas akibat pergaulan dan lingkungannya. Apabila hal ini tidak segera dicegah, maka dikhawatirkan masa depan mereka buram.Oleh karena itu, LSM Saudara Sejiwa dan LSM lain yang peduli terhadap anak jalanan telah melakukan pembinaan secara maksimal. Saat ini tidak kurang 20 rumah singgah dikelola oleh kalangan LSM.


Dipaksa Orang Dewasa


Seorang anak jalanan yang berada di rumah singgah Yayasan Saudara Sejiwa, Bandung, yang bernama Bunga (12), mengaku pernah menjadi korban pelecehan seksual oleh teman-temannya di jalanan. Saat itu ia dipaksa untuk membuka pakaian yang dikenakannya, lalu beberapa teman cowok seumurnya menggerayangi tubuhnya.”Saya tidak bisa mengelak, karena jika menolak tidak bisa ikut kelompok mereka. Selain itu harus mengadukan hal ini kepada siapa, karena tidak ada orang yang peduli kepada kami. Untunglah saya dapat tinggal di yayasan pak Agus hingga bisa berlindung dan tidur enak. Biasanya saya tidur di emper jalanan, di sanalah kami biasanya digerayangi teman-teman,” ungkapnya.Sementara itu, Wandi (10), mengaku pernah disodomi oleh pria dewasa di salah satu kawasan di Bandung. ”Saya tidak bisa berbuat apa-apa karena dia badannya besar dan jika tidak mau, malah diancam. Kejadian ini tidak menimpa saya saja, tapi juga kebanyakan rekan kami. Tapi karena seringnya dibegitukan, akhirnya ada teman saya yang sudah ketagihan,” lanjutnya.Ketua LSM Saudara Sejiwa, Agus Noor Alamsyah, menjelaskan para korban tersebut kini sedang dibinanya. ”Kami berbuat semaksimal mungkin untuk memperbaiki mental mereka. Dan kami hanya mengandalkan biaya dari bantuan Dinsos Jabar dan Kota Bandung, karena tidak mungkin mengandalkan dari orang tua korban.Mereka rata-rata tidak mengenal orang tuanya, malah dari mereka ada yang kabur dari rumah dan ditinggal pergi oleh kedua orang tuanya,” papar Agus.Sementara itu, Kabag Bina Mitra Polwiltabes Bandung, AKBP Syarief Hidayat, mengatakan karena banyaknya anak yang berkeliaran di jalanan maka sulit untuk membedakan mana yang anak jalanan dan mana yang bukan, karena terkadang anak jalanan berbaur dengan masyarakat sekitar. Selain itu, masalah pelecehan seksual sulit dibuktikan sehingga sulit pula untuk ditindak. Apalagi selama tidak ada laporan dari korban kepada kepolisian.

1 komentar:

  1. DENGAN HERBAL MODERN DARI K-LINK INSYA ALLAH DAPAT MENGOBATI :
    KANGKER,AIDS/HIV,PENYAKIT KELAMIN,KEMANDULAN,IMPOTENSI,HERPES,INKONTINESA(TAK BISA BUANG AIR KECIL)JERAWAT,KEPUTIHAN,PENUAAN DINI,DEPRESI,MENOUPAUSE,OBESITAS,DIABETES,KOLESTROL,DARAH TINGGI,JANTUNG,SESAK NAFAS,AMANDEL,SINUSITIS,STROKE,TBC,VERTIGO,WASIR,KATARAK DLL

    info lengkap di herbalmodern.blogspot.com,
    konsultasi via sms di 085859467928 dengan mas rully
    alamat lengkap ada di profilku ) HERBAL MODERN

    BalasHapus